Minggu, 27 Juni 2010

Kumpulan Hadits Part 3

Dari Abu Sa'id al-Khudri: "Kami berperang bersama Rasulullah di bulan Ramadhan. Di antara kami ada yang berpuasa dan ada yang berbuka. Yang berpuasa tidak mencela terhadap yang berbuka dan yang berbuka tidak mencela yang berpuasa, mereka berpendapat orang yang lebih kuat, maka puasanya lebih baik baginya. Sedangkan yang lemah maka berbukapun lebih baik baginya". (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah dan Ibnu Umar bahwa keduanya pernah mendengar Nabi SAW. bersabda di atas mimbar," Hendaklah orang-orang itu menghentikan perbuatan mereka meninggalkan sahat jum'at, atau kalau tidak, Allah akan menutup mata hati mereka, kemudian mereka akan termasuk ke dalam golongan orang-orang yang lalai". (HR. Muslim, Ahmad dan Nasa'i)

Dari Ibnu Umar r.a. dari Nabi SAW. beliau bersabda: "Laksanakanlah shalat-shalat sunnah di rumahmu, dan jangan kamu jadikan rumahmu itu seperti kuburan". (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah SAW menyuruh kami menjenguk orang sakit, mengiringkan jenazah, menjawab do'a orang yang bersin, menepati sumpah, menolong orang yang teraniaya, memenuhi undangan dan menyebarluaskan salam. (HR. Bukhari-Muslim)

"Siapa yang merusak nama baik atau harta benda orang lain, maka minta maaflah kepadanya sekarang ini, sebelum datang hari dimana mata uang tidak laku lagi. Kalau ia mempunyai amal naik, sebahagian dari amal baiknya itu akan diambil, sesuai dengan kadar aniaya yang telah dilakukannya. Kalau ia tidak mempunyai amal baik, maka dosa orang lain itu diambil dan ditambahkan kepada dosanya." (HR. Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman Ke