Jumat, 08 April 2011

Surga Adalah Tempat Yang Menakjubkan




Surga, jika kita berbicara tentangnya maka terbesit dalam pandangan hati kita akan kenikmatan dan kesenangan yang ada di dalamnya, namun tahukah kamu apa itu Surga, untuk siapa dia diciptakan, bagaimana caranya agar kita dapat memasukinya?.

Bagi orang-orang yang beriman dia meyakini bahwa surga itu ada dan surga diciptakan hanya untuk orang-orang yang berbuat baik, beramal soleh, dll. Kita semua pasti menginginkan Surga sebagai tempat kembali diakhirat nanti dengan memperoleh kesenangan, kebahagiaan yang abadi. Oleh karena itu untuk mendapatkan surga kita mesti berusaha keras dan taat kepada Allah dalam segala hal, karena untuk mendaptkan surga tersebut tidak gampang, sebab kita mesti di uji dengan segala macam hal apakah kita akan selalu taat dan sabar.


Marilah kita berusaha untuk berbuat kebaikan, agar Allah Swt. memasukkan kita kedalam surga.

Allah Swt. telah menerangkan tentang sifat dan keadaan surga didalam Al-Qur'an, yaitu:

» Didalam surga terdapat sungai-sungai yang terbuat dari madu, anggur, susu, sebagaimana Allah Swt. berfirman:

"Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa itu ialah suatu taman yang di dalamnya ada sungai-sungai yang airnya tidak berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari susu yang rasanya tetap tidak berganti-ganti, sungai-sungai dari anggur yang amat sedap rasanya bagi orang yang memimumnya dan sungai-sungai dari madu yang bening jernih. Di sana mereka memperoleh segala macam buah-buahan serta pengampunan dari Tuhannya." (QS. Muhammad : 15)

» Memperoleh Buah-Buahan dari Surga.

Allah Swt. berfirman :

"Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, bahwasannya untuk mereka itu adalah surga yang dibawahnya mengalirlah sungai-sungai. Setiap mereka memperoleh pemberian dalam surga dari macam buah-buahan, mereka berkata: Ini adalah pemberian yang pernah kita terima dahulu dan mereka memang diberi pemberian yang serupa. Juga bagi mereka di dalam surga itu akan memperoleh jodoh yang suci dan mereka kekal di dalamnya." (QS. Al-Baqarah: 25)
» Penghuni surga mendapatkan makanan dan minuman yang dilayani oleh para bujang.

Allah Swt. berfirman:

"Dan beredarlah (melayani) di sekitar mereka itu bujang-bujang yang tetap tinggal muda. Kalau engkau lihat mereka, engkau kira mereka itu adalah mutiara yang bertaburan. Dan ke mana saja engkau melihat, engkau akan melihat kenikmatan (merasa amat senang sekali) serta kerajaan yang besar. Bujang-bujang muda itu mengenakan pakaian yang serupa sutra halus yang berwarna hijau dan pula sutra tebal, juga diberi perhiasan gelang tangan dari perak. Tuhan memberikan minuman kepada mereka dengan minuman yang bersih." (QS. Al-Insan/Ad-Dahr: 19-21)

» Penghuni surga diberi Allah swt. berupa berlian dan sutra.

Allah Swt. berfirman:

"Para ahli surga itu di dalamnya dikaruniai perhiasan berwujud gelang emas dan berlian, sedang pakaian mereka itu adalah sutra." (QS. Faathir: 33)

» Di dalam surga ada kamar-kamar atau bilik-bilik yang bersusun-susun.

Allah Swt. berfirman:

"Para ahli surga itu dikaruniai bilik-bilik yang diatasnya ada pula bilik-bilik yang lain bersusun-susun, di dalamnya mengalir sungai-sungai." (QR. Az-Zumar: 20)

» Di dalam surga ada bidadari-bidadari yang sangat cantik.

Allah Swt. berfirman:

"Para ahli surga itu dikaruniai bidadari-bidadari yang duduk di atas hamparan yang ditinggikan. Sesungguhnya Kami menjadikan bidadari-bidadari itu dengan kejadian yang baru, maka kami jadikanlah mereka sebagai gadis-gadis yang suci, penuh kecintaan dan sebaya saja umurnya. Itu semua untuk dikaruniakan kepada orang-orang yang menerima catatan amalnya dengan tangan kanannya." (QS. Al-Waqi'ah: 34-38)



Namun, kita juga perlu memperhatikan apa itu surga, Usamah bin Zaid menceritakan bahwa Rasulullah saw. pada suatu hari pernah bersabda di hadapan para sahabatnya yang berbunyi:

"Ingatlah, siapakah yang suka cepat-cepat berusaha giat mendapat surga? Sesungguhnya surga itu tidak pernah ada lintasan hati yang sesuai dengan keadaannya. Demi Zat yang menguasai Ka'bah, surga itu adalah merupakan cahaya yang terang benderang, bau-bauan yang menggoncangkan, didalamnya terdapat istana yang megah, sungai yang mengalir, buah-buahan yang banyak dan masak-masak, istri yang cantik dan molek, berbagai perhiasan yang bermacam-macam, dan kedudukan yang selamanya dalam keadaan kelapangan dan kenikmatan hidup, dalam gedung-gedung indah dan mentereng. Para sahabat lalu berkata: Kita semua bercepat-cepat untuk mencapainya, ya Rasulullah. Beliau saw. lalu bersabda: Katakanlah Insya Allah. Kemudian beliau saw. menyebutkan urusan perjuangan (jihad) dan menyuruh supaya diperhebatkan." (HR. Ibnu Majah)


Kenikmatan-kenikmatan yang ada dalam surga yang sudah diterangkan sebelumnya, bahwa surga itu tidak bisa dilukiskan atau terlintas dalam hati, karena lintasan hati kita dan menggambarkan surga tidak akan sesuai apa yang kita pikirkan, surga itu adalah Allah seperti apa bentuknya yang pasti surga itu tidak sama dengan dunia dan kehidupan di dalam surga itu juga berbeda dengan kehidupan dunia. Oleh karena janganlah kita melukiskan keadaan surga dalam lintasan hati kita, namun kita harus meyakini keberadaan dan kenikmatan di dalamnya apa yang telah diterangkan di dalam Al-Qur'an.

Ibnu Abbas ra. berkata : "Tidak sesuatu pun yang sama atau serupa apa-apa yang ada di surga dengan yang ada di bumi atau di dunia ini, melainkan hanya nama-namanya belaka."

Surga selain tempat yang menakjubkan, juga sebagai tempat yang di dalamnya ada kehidupan yang abadi, karena orang-orang yang beriman serta mengerjakan amal saleh ketika masuk ke dalamnya tidak ingin keluar lagi dan mereka juga dapa melihat Tuhan dan berbicara langsung dengan-Nya.

Rasulullah saw. bersabda :

"Apabila para ahli surga sudah sama memasuki surga, Allah Ta'ala berfirman: Jikalau kamu semua menginginkan sesuatu, Aku akan menambahnya. Mereka menjawab: Bukankah Engkau sudah memasukkan kami semua dalam surga? Bukankah Engkau sudah menyelamatkan kami dari api neraka? Kemudian diangkatlah tabirnya, maka tidak ada suatu kenikmatan pun yang pernah dikaruniakan kepada mereka itu yang mereka rasakan lebih senang (lebih lezat) daripada melihat kepada Tuhan mereka. Rasulullah saw. lalu membaca ayat yang artinya: "Bagi orang-orang yang berbuat baik adalah balasan baik dan tambahan lagi dari itu (yakni dapat melihat Tuhan)." (HR. Muslim)


Surga sebagai tempat yang menakjubkan dan penuh kenikmatan di dalamnya, tentunya hanya diberikan untuk orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt, dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi apa yang telah dilarang-Nya serta berbuat baik kepada sesama makhluk dan ikhlas serta sabar.

sumber : andimuhammadaliblogs.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Halaman Ke