Senin, 11 Juli 2011

Al-Qur'an dan Sains: Urutan Penciptaan Benda-Benda Langit



Setelah terjadinya ledakan besar, benda-benda luar angkasa tidak terbentuk secara sekaligus, tapi melewati tahapan-tahapan tertentu. Observasi dan penelitian ilmiah memastikan bahwa setelah terjadinya ledakan besar, benda luar angkasa yang pertama kali terbentuk adalah galaksi.

Ledakan berikutnya yang terjadi pada bagian galaksi, mengakibatkan terbentuknya gugusan bintang-bintang. Kemudian terbentuk planet yang memisahkan diri dari bintang dan selanjutnya satelit yang memisahkan diri dari planet.

Urutan waktu bagi penciptaan benda-benda langit ini menunjukkan bahwa semua benda luar angkasa ini diciptakan dengan ketelitian yang tinggi. Di mana penciptaannya mustahil terjadi secara kebetulan tanpa ada yang mengendalikannya.

Al-Qur'an telah mengisyaratkan hal ini dalam surah Asy-Syams ayat 1 dan 2. Allah SWT berfirman: “Demi matahari dan cahayanya di pagi hari. Dan apabila bulan mengiringinya."

Ayat ini menggambarkan kepada kita bahwa bulan tercipta setelah penciptaan matahari. Dan ini sesuai dengan yang ditetapkan para ilmuwan berdasarkan pengamatan dan penelitian yang mereka lakukan bahwa bumi tercipta setelah memisahkan diri dari matahari.

Yang disusul kemudian dengan terciptanya bulan yang memisahkan diri dari bumi. Selanjutnya keduanya mengalami proses yang panjang sampai menjadi bumi dan bulan seperti yang ada sekarang ini.

Oleh: DR Abdul Basith Jamal & DR Daliya Shadiq Jamal

sumber : republika.co.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Halaman Ke