Senin, 02 Agustus 2010

Kumpulan Hadits Part 10

Dari Abu Qatadah r.a. berkata Rasulullah saw. bersabda: "Apabila salah seorang di antara kamu sekalian masuk masjid maka janganlah duduk sebelum ia mengerjakan shalat dua raka'at". (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Abdullah bin 'Amr bin al Ash r.a. dari Nabi saw. beliau bersabda: "Dosa-dosa besar adalah: mempersekutukan Allah, durhaka kepada kedua orang tua, membunuh jiwa dan sumpah palsu". (HR. Bukhari)

Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah saw. bersabda: "Barangsiapa melayat jenazah orang muslim karena iman dan ikhlas, turut shalat jenazah bersama-sama dan menyelenggarakan pemakamannya sampai selesai, maka orang itu pulang membawa pahala dua qirat; satu qirat kira-kira sebesar Bukit Uhud. Dan siapa yang ikut shalat jenazah saja, kemudian dia pulang sebelum dimakamkan, maka orang itu membawa pulang satu qirat". (HR. Bukhari)

Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah saw. bersabda: "Orang mukmin yang paling sempurna imannya yaitu orang yang paling baik budi pekertinya di antara mereka. Dan orang yang paling baik di antara kamu sekalian yaitu orang yang paling baik terhadap istrinya". (HR. Turmudzi)

Dari Abu Qatadah r.a. katanya: "Ketika kami sedang shalat bersama Nabi saw., tiba-tiba beliau mendengar suara gaduh seorabg laki-laki. Setelah selesai shalat beliau bertanya, "Apa yang terjadi?" Jawab mereka, "Kami tergopoh-gopoh hendak shalat". Sabda Nabi saw., "jangan berbuat begitu! Apabila kamu hendak shalat (berjamaah), bersikaplah tenang. Mana yang kamu dapati, shalatlah bersama mereka, dan mana yang kamu ketinggalan sempurnakanlah kemudian". (HR. Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman Ke