Senin, 30 Agustus 2010

Kumpulan Hadits Part 16


Dari Abdullah bin Abbas r.a., katanya Rasulullah saw. bersabda: "Aku diperintahkan sujud dengan tujuh anggota dan tidak boleh melapisnya dengan rambut atau dengan pakaian, yaitu: (1) Kening dan hidung (2) Dua tangan (3)Dua lutut, dan (4) Dua ujung kaki." (HR. Muslim)

Dari Abdullah bin Amr bin Ash r.a. katanya dia mendengar Rasulullah saw. bersabda: "Allah tidak menarik kembali ilmu pengetahuan dengan jalan mencabutnya dari hati sanubari manusia, tetapi dengan jalan mematikan orang-orang berpengetahuan (ulama). Apabila orang berpengetahuan telah punah, maka masyarakat akan mengangkat orang-orang bodoh menjadi pemimpin yang akan dijadikan tempat bertanya. Orang-orang bodoh ini akan berfatwa tanpa ilmu; mereka itu sesat dan menyesatkan". (HR. Bukhari)

Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah saw. bersabda: "Siapa bermimpi melihatku dalam tidurnya, maka sesungguhnya dia benar-benar melihatku; karena setan tidak sanggup mengubah bentuknya seperti bentukku". (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah r.a. dia mendengar Rasulullah saw. bersabda: "Bagaimana pendapat anda sekalian, jikalau sebuah sungai mengalir dekat pintu rumah anda; kemudian anda mandi di sungai itu lima kali sehari; Masih adakah daki yang tinggal di badannya?" Jawab mereka, "Tidak tinggal sedikitpun". Sabda beliau, "Begitulah perumpamaan shalat yang lima waktu; Allah menghapuskan dengannya segala kesalahan". (HR. Buhkari)

Dari Anas bin Malik r.a. katanya: "Aku menjadi pelayan Rasulullah saw. selama sepuluh tahun. Demi Allah, selama itu beliau tidak pernah berkata "uff" (husy) kepadaku, dan tidak pernah membentakku dengan perkataan: "Hai, kenapa engkau berbuat begitu!". (HR. Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman Ke