Rabu, 25 Agustus 2010

Kumpulan Hadits Part 15

Dari Nu'man bin Basyar r.a. katanya: "Rasulullah saw. pernah meluruskan shaf kami, sehingga beliau seolah-olah sedang meluruskan anak panah sampai lurus benar. Pada suatu hari ketika beliau hendak shalat dan hampir takbir, sekonyong-konyong terlihat oleh beliau seorang laki-laki menonjolkan dadanya dari shaf, maka sabda beliau, "Wahai hamba Allah! Luruskanlah shaf anda! Kalau tidak, niscaya Allah akan mencerai-beraikan hati anda". (HR. Muslim)

Dari Abdullah bin Umar r.a., katanya seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah saw. katanya: "Islam yang bagaimana yang lebih utama?" Jawab Nabi saw., "memberi makan (orang-orang miskin), mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal dan orang yang tidak engkau kenal". (HR. Bukhari)

Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah saw. bersabda: "Shaf yang paling baik bagi laki-laki ialah shaf pertama, dan yang paling buruk adalah shaf terakhir. Sedangkan shaf yang paling baik bagi perempuan ialah shaf yang terakhir dan yang paling buruk ialah shaf pertama (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah r.a. katanya dia mendengar Rasulullah saw. bersabda: "Apa yang telah kularang kamu mengerjakannya hentikanlah. Dan apa yang kuperintahkan kamu mengrjakannya, lakukanlah sehabis dayamu. Sesungguhnya umat yang sebelum kamu binasa karena mereka banyak tanya, dan banyak debat dengan nabi-nabi mereka". (HR. Muslim)

Dari Nawwas bin Sam'an al Anshari r.a. katanya: "Aku pernah bertanya kepada Rasulullah saw. tentang arti kebajikan dab dosa. Sabda beliau, "Kebajikan itu adalah budi pekerti yang indah. Sedangkan dosa ialah perbuatan atau tindakan yang menyesakkan dada, padahal engkau
sendiri segan perbuatanmu itu akan diketahui orang lain". (HR. Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman Ke