Rabu, 29 Desember 2010

Kumpulan hadits Part 39

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa rasulullah saw. bersabda: "Kamu tidak dapat masuk surga, sebelum kamu beriman. Dan kamu belum dapat dikatakan mukmin, sebelum kamu kasih mengasihi satu sama lain. Sukakah kamu aku tunjukkan jalan untuk berkasih-kasihan? Sebarlah salam antara sesamu!" (HR. Muslim)

Dari Ibnu 'Abbas r.a. ia mengucapkan "Hasbunallah wani'mal wakill" karena kalimat itu adalah kalimat yang dibaca oleh Nabi Ibrahim AS ketika dilempar ke dalam api, dan juga dibaca oleh Nabi Muhammad SAW ketika orang-orang kafir mengatakan: "Sesungguhnya orang-orang Quraisy telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, oleh karena itu takutlah sekalian kamu kepada mereka", akan tetapi perkataan itu malah menambah keimanan mereka serta mereka mengucapkan "Hasbunallah wani'mal wakiil". (HR. Bukhari)

"Seaindainya kamu sekalian benar-benar tawakal kepada Allah niscaya Allah akan memberi rizki kepadamu sebagaimana Ia memberi rizki kepada burung, dimana burung itu keluar pada waktu pagi dengan perut kosong (lapar) dan pada waktu sore ia kembali dengan perut kenyang". (HR. At Turmudzy)

"Bersegeralah kamu sekalian untuk melakukan amal-amal shalih, karena akan terjadi suatu bencana yang menyerupai malam yang gelap gulita dimana ada seseorang pada waktu pagi ia beriman tetapi pada waktu sore ia kafir, pada waktu sore ia beriman tetapi pada waktu pagi ia kafir; ia rela menukar agamanya dengan sedikit keuntungan dunia". (HR. Muslim)

"Bersegeralah kamu sekalian untuk beramal sebelum datangnya tujuh hal; apakah yang kamu nantikan kecuali kemiskinan yang dapat melupakan, kekayaan yang dapat menimbulkan kesombongan, sakit yang dapat mengendorkan, tua renta yang dapat melemahkan, sakit yang dapat menyudahkan segala-galanya, atau menunggu datangnya Dajjal padahal ia adalah sejelek-jelek yang ditunggu, atau menuggu datangnya hari Kiamat padahal Kiamat adalah sesuatu yang sangat berat dan sangat menakutkan". (HR. At Turmudzy)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Halaman Ke