Senin, 08 November 2010

Kumpulan Hadits Part 30

Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Puasa merupakan perisai. Karena itu (orang yang berpuasa) tidak boleh berkata kotor dan keji. Apabila ada seseorang yang mengajaknya untuk bertengkar dan memaki-maki, maka katakan kepadanya, "Aku sedang berpuasa,' sebanyak dua kali. Demi Zat yang jiwa Muhammad berada di dalam kuasa-Nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah daripada aroma minyak kasturi". (HR. Nasa'i)

Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Nabi saw. pergi menziarahi makan ibunya. Ia menangis dan para sahabat di sekelilingnya juga menangis karenanya. Nabi saw. bersabda: "Aku mohon izin kepada Tuhanku untuk memohonkan ampun bagi ibuku, tetapi tidak diizinkan-Nya. Oleh sebab itu aku minta izin untuk menziarahi makamnya, maka diizinkan-Nya. Karena itu berziarahlah engkau ke kubur, karena itu akan mengingatkanmu kepada maut". (HR. Ahmad dan Muslim juga Ash-habus sunan kecuali Turmudzi)

Dari Anas bin Malik r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Allah swt. berfirman, 'Ketika Aku memberikan cobaan kepada hamba-Ku dengan melenyapkan kedua matanya kemudian dia bersabar, maka Aku akan memberi balasan atas kedua matanya yang lenyap itu dengan surga". (HR. Bukhari)

Dari Ibnu 'Abbas r.a. katanya Nabi saw. bersabda: "Perumpamaan orang yang mengambil sedekah (pemberian)nya kembali, tak ubahnya seperti anjing muntah, kemudian dimakannya kembali muntahnya itu". (HR. Muslim)

Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Salah seorang nabi pernah berteduh dibawah pohon, tiba-tiba seekor semut menggigitnya, lalu dia memerintahkan (bawahannya) untuk mencari semut itu. Dikeluarkannya semut itu dari sarangnya. Setelah itu dia memerintahkannya (bawahannya) untuk membakar sarangnya. Kemudian Allah menegurnya, 'Mengapa kamu tidak membunuh satu ekor semut saja?". (HR. Bukhari)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Halaman Ke