Kamis, 25 November 2010

Kumpulan Hadits Part 33

Dari Abi Musa r.a., Aku dan Mua'adz pernah diutus oleh Rasulullah ke Yaman, maka beliau bersabda: "Permudahlah dan jangan mempersulit. Bawalah kabar gembira dan jangan menakut-nakuti. Bekerjasamalah kalian berdua dan jangan berselisih paham". (HR. Buhkari dan Muslim)

Dari Abu Dzar r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda: "Senyummu di hadapan saudaramu merupakan sedekah bagimu, memerintahkan yang makruf dan mencegah yang mungkar merupakan sedekah bagimu, menunjuki orang yang tersesat jalan merupakan sedekah bagimu, menuntun orang yang buta merupakan sedekah bagimu, menyingkirkan duri atau tulang yang menghalangi jalan merupakan sedekah bagimu, dan menuangkan air dari timbamu ke timba saudaramu merupakan sedekah bagimu". (HR. Tirmidzi)

Dari Haritsah bin Wahab r.a. katanya: Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: "Bersedakahlah kamu, karena nanti akan datang suatu masa bagi manusia, dimana seseorang berjalan membawa sedekahnya, tetapi tidak diperolehnya orang yang menerimanya". (HR. Bukhari)

Dari Sa'id Al Khudri r.a. dari Nabi saw. beliau bersabda: "Setiap Allah mengutus seorang Rasul atau mengangkat seorang Khalifah (kepala pemerintahan) di sampingnya ada dua orang pembantu terdekat. Yang seorang menyuruh dan menggalakkan melakukan perbuatan baik, sedang yang satunya lagimenyuruh dan menggalakkan melakukan perbuatan jahat. Orang yang terpelihara dari kesalahan ialah orang yang dipelihara oleh Allah". (HR. Bukhari)

Dari Abu Ubaid r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda: "Tidak boleh seseorang kamu mengharapkan kematian. Adakalanya dia orang berbuat baik, mudah-mudahan bertambah amal baiknya. Atau dia orang yang berbuat salah, mudah-mudahan dapat memperbaiki kesalahannya (tobat)". (HR. Bukhari)




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Halaman Ke