Senin, 15 November 2010

Peneliti Inggris: Wanita Kulit Putih Terdidik Cenderung Untuk Masuk Islam

Perempuan kulit putih terdidik lebih cenderung untuk masuk Islam dibandingkan dengan kelompok lain, kata seorang peneliti Swansea.

Kevin Brice mengatakan ada sekitar 60 banding 40 yang mendukung perempuan masuk Islam, dan mereka cenderung menampilkan "profil pendidikan yang lebih baik" daripada populasi rata-rata.

Brice, dari Swansea University, mengatakan setiap perempuan kulit putih yang masuk Islam punya cerita yang berbeda, tapi memiliki satu tema yang sama yaitu persepsi bahwa Islam menawarkan perlindungan terhadap perempuan dan memberikan rasa identitas. Ia mengatakan ini mungkin terdengar konter-intuitif untuk masyarakat.

"Melalui mengenakan pakaian yang sederhana, termasuk pakaian dengan berjilbab, tak lagi tentang bagaimana Anda melihatnya," kata Harga, mantan peneliti di pusat penelitian untuk kebijakan migrasi. "Sekarang sudah bebas dari sebuah pandangan bahwa Anda ditentukan oleh ukuran baju Anda.

"Kami juga mencatat bahwa perempuan yang masuk Islam lebih mungkin untuk mengenakan jilbab dibandingkan dengan orang yang terlahir Islam dari keluarga Islam.

"Tapi dengan mengadopsi pakaian ini, mereka menarik perhatian. Ada sebuah ironi yang aneh. Ketika Anda berbicara dengan para mualaf ini yang mereka katakan bahwa apa yang mereka alami, atau merasa apa yang mereka lakukan, cukup tingginya tingkat diskriminasi terhadap mereka."

Dengan menggunakan data dari sensus tahun 2001, Brice memperkirakan ada sekitar 1.500 Muslim kulit putih di Wales.

"Berdasarkan penelitian kami, dalam 10 tahun terakhir angka ini meningkat lebih dua kali lipat," katanya.

Dia menekankan ini mungkin bukan angka yang tepat. Sebagian dari alasan, katanya, adalah yang masuk Islam di daerah pinggrian - mungkin menderita suatu sindrom "Saya satu-satunya Muslim di desa ini" - yang sulit untuk diukur.

Brice menmbahkan jumlah yang masuk Islam telah meningkat karena liputan media - yang sering bernada negatif terhadap Islam. Orang-orang akhirnya mendengar tentang Islam, ingin mengetahui lebih lanjut, dan menjadi tertarik untuk masuk kedalamnya.

"Ada bukti anekdotal bahwa setelah tahun 2001 (serangan World Trade Center) dan 7 pemboman, ada peningkatan jumlah orang yang masuk Islam," katanya.

Brice menambahkan bahwa perempuan cenderung menunjukkan afiliasi lebih religius daripada pria.

Inggris dan penduduk Muslim Wales telah meningkat dari hanya lebih 1.5 juta pada tahun 2001 menjadi 2.5 juta sekarang, katanya, dengan tingkat kelahiran yang lebih tinggi dan faktor imigrasi sebagai kunci.

Menetapkan jumlah yang masuk Kristen di kalangan umat Islam agak sulit. "Ini sedikit hal yang tabu, tapi area yang pantas untuk dilihat," katanya. (fq/tsw)

sumber : eramuslim.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman Ke