Kamis, 18 November 2010

Kumpulan Hadits Part 32

Rasulullah saw. bersabda: "Barangsiapa terbunuh dalam mempertahankan hartanya, maka ia mati syahid. Dan barangsiapa terbunuh dalam mempertahankan kehormatannya, maka ia mati syahid". (HR. Bukhari)

Dari Al Miqdad r.a. berkata bahwa ia mendengar Rasulullah saw. bersabda: "Tidak ada bejana yang diisi oleh anak Adam yang lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap untuk menegakkan tulang punggungnya. jika tidak maka bisa sepertiga dari perutnya hendaknya diisi untuk makannya, sepertiga untuk minumnya, dan sepertiga untuk nafasnya". (HR. Tirmidzi)

Dari Abu Darda' r.a. berkata, bahwa Rasulullah bersabda: "Doa seorang muslim dari jauh untuk saudaranya adalah mustajabah (terkabulkan), di atas kepalanya ada seorang malaikat yang diwakilkan, setiap kali dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan maka malaikat yang diwakilkan itu akan berkata, 'Ya Allah kabulkanlah dan bagimu seperti apa yang kamu doakan". (HR. Muslim)

Dari Aisyah r.a. bahwa rasulullah saw., bersabda: "Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua macam tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Terjadinya gerhana matahari atau bulan itu bukanlah karena kematian seseorang atau kehidupannya. Jadi, jika engkau melihatnya, segeralah berdoa kepada Allah, membaca takbir, bersedekah dan mengerjakan shalat." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Fadhilah bin Ubaid, "Rasulullah saw. mendengar seorang laki-laki berdoa setelah selesai shalat tanpa mengagungkan Allah dan mengucapkan shalawat Nabi, maka beliau bersabda, 'Orang ini terlalu tergesa-gesa.' Kemudian beliau memanggil orang itu dan beliau berkata kepadanya dan juga kepada orang-orang yang lain, "Jika salah seorang diantara kaalian berdoa, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Tuhan Yang Maha Agung dan Maha Mulia serta menyanjung-Nya, lalu mengucap shalawat atas Nabi saw. Setelah itu barulah ia berdoa meminta apa yang diinginkannya". (HR. Abu Daud, Nasa'i dan Tarmidzi)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Halaman Ke