Senin, 18 Oktober 2010

Judul: Islam itu Rahmatan lil alamin..

Robert Xu Jiantou
Robert Xu JiantouOctober 19, 2010 at 11:16am
Judul: Islam itu Rahmatan lil alamin...
Dari Anas r.a. Rasulullah bersabda, "Semua makhluk adalah keluarga Alloh, jadi makhluk Alloh yang paling di sayangi Alloh adalah yang berbuat baik kepada keluarga-Nya." (HR. Baihaqi)

Islam mengajarkan untuk berbuat baik kepada seluruh makhluk, baik itu Muslim atau bukan, bahkan kepada hewan sekalipun. Dan hal ini sangat di sukai Alloh Ta'ala. Dalam hadits lain Rasulullah bersabda bahwa siapa yang tidak mengasihi manusia yang lain, tidak akan di kasihi oleh Alloh Subhanahu wa Ta’ala.

Kehidupan Rasulullah sendiri keseluruhannya merupakan rahmat bagi seluruh alam. Oleh karena itu sangat penting bagi kita umatnya untuk meneladani sifat-sifat dan kehidupan beliau. Alloh subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya, "Dan tiadalah Kami mengutus kamu (Muhammad), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam." (QS. Al Anbiya : 107)

Dalam suatu kisah, Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa suatu saat sebagian orang memohon kepada Rasulullah, "Ya Rasulullah, kaum Quraisy telah banyak menyusahkan kaum muslimin, maka berdo'alah untuk kemusnahan mereka." Maka Rasulullah pun menjawab, "Aku tidak di utus untuk memusnahkan siapapun melalui do'aku, tetapi aku di utus kepada manusia sebagai rahmat bagi seluruh alam." (Durrul Mantsur)

Dalam hadits lain Rasulullah bersabda, "Kamu tidak akan menjadi orang yang benar2 beriman, hingga kamu berlaku rahim antara satu dengan yg lain." Para sahabat berkata, "Ya Rasulullah, setiap orang di kalangan kami telah berlaku rahim antara satu dengan yang lain." Rasulullah menjawab, "Sifat rahim yang berlaku di antara kamu sendiri bukanlah sifat rahim yang sebenarnya, sifat rahim yang sebenarnya adalah terhadap sekalian manusia."

Alloh subhanahu wa ta’ala juga sangat menyukai kita apabila kita juga bersikap baik terhadap hewan sekalipun. Bahkan ada kisah seorang pelacur yg di beri ampunan oleh Alloh hanya karena memberi minum seekor anjing yg kehausan, atau perempuan yg di siksa karena telah mengurung seekor kucing dan tidak memberinya makan. Rasulullah bahkan bersabda, "Siapa yg menyembelih hewan, bahkan seekor burung tanpa hak, akan di persoalkan pada hari hisab." Para sahabat bertanya, "Apakah haknya, ya Rasulullah ?" Rasulullah menjawab, "Setelah di sembelih makanlah dagingnya, jangan kau buang begitu saja."

Subhanallah..........

sumber : PITI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman Ke