Senin, 27 September 2010

Kumpulan Hadits Part 21

Dari Sa'id Al Khudry r.a. bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: "Bila salah seorang kamu sekalian menguap maka hendaklah ia menutup tangan pada mulutnya, karena sesungguhnya setan akan masuk ke mulutnya itu". (HR. Muslim)

"Yang mengikuti mayit itu ada tiga yaitu: keluarganya, harta bendanya dan amal perbuatannya. Yang kedua kembali dan yang satu tetap bersamanya; yaitu keluarga dan harta bendanya kembali dan amal perbuatannya yang tetap bersamanya". (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari 'Abdullah bin Mas'ud r.a. katanya: Sesungguhnya Nabi Muhammad saw. telah bersabda: "Perhatikanlah! Kuberitahukan kepada kamu sekalian apa arti 'Adh (sesuatu yang sangat keji dan haram). Yaitu, gunjingan yang meluas di kalangan orang banyak (sehingga masyarakat jadi kacau)". (HR. Muslim)

Dari Ibnu Mas'ud r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda: "Barangsiapa yang tertimpa kemiskinan kemudian ia mengadukannya kepada sesama manusia maka tidak tertutuplah kemiskinannya itu. Dan barangsiapa yang mengadukannya kepada Allah, maka Allah akan memberikannya rizki baik dengan segera ataupun lambat". (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Dari Jabir r.a. bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: "Semoga Allah memberi rahmat kepada seseorang yang bermurah hati sewaktu menjual, bermurah hati sewaktu membeli, dan bermurah hati hati sewaktu menagih hutang". (HR. Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman Ke