Kamis, 30 September 2010

Kumpulan Hadits Part 22

Dari 'Aisyah r.a. berkata: "Dari semua waktu-waktu malam, Rasulullah saw. pernah mengerjakan shalat witir pada permulaan malam, pernah pada pertengahan malam, pernah pada akhir malam; serta paling akhir beliau mengerjakan shalat witir sampai habis waktu sahur. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Ibnu Mas'ud r.a. berkata, Rasulullah saw. bersabda: "Sesungguhnya berkata benar itu membawa kepada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan itu membawa ke surga; orang yang jujur itu akan selalu berkata benar sehingga ia ditulis di sisi Allah sebagai orang yang benar-benar jujur. Dan sesungguhnya berdusta itu membawa kepada kejahatan dan sesungguhnya kejahatan itu membawa ke neraka; orang yang suka berdusta itu akan selalu bohong sehingga ia ditulis di sisi Allah sebagai pendusta". (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari 'Aisyah r.a. dari Nabi saw. bersabda: "Sesungguhnya ramah tamah dalam segala urusan menjadikan urusan itu indah (sukses). Tanpa ramah tamah niscaya setiap urusan menjadi buruk". (HR. Muslim)

Seorang laki-laki dari kaum Anshar datang menghadap Nabi saw., ia berkata: Ya Rasulullah, adakah cara berbuat baik kepada orang tua sesudah mereka tiada? Nabi saw, bersabda: "Benar! Ada empat perkara yaitu mendoakan keduanya agar diberi rahmat, memohonkan ampunan bagi mereka, melaksanakan janjinya dan menghormati kawan kedua orang tua serta bersilaturahmi dengan orang yang belum pernah bersilaturahmi dengan mereka kecuali melalui keduanya. Itulah cara engkau berbuat baik kepada mereka setelah wafatnya. (HR. Abu Daud)

Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Nabi saw. bersabda: "Allah senantiasa memperkenankan doa seorang hamba, selama doa itu tidak mengandung dosa, atau memutus silaturahmi, dan selama tidak minta cepat-cepat diperkenankan". Lalu beliau ditanya orang, 'Apa maksudnya minta cepat-cepat?' Jawab beliau: "Umpamanya seorang berkata dalam doanya, Aku telah mendoa, Aku telah mendoa tetapi aku belum melihat doaku diperkenankan. Lalu dia putus asa dan berhenti berdoa" (HR. Muslim)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman Ke